Make a Million of Dreams and Catch the Amazing Resolutions.

Layyin Lala
27 Januari 2020 13:02
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Catch your amazing resolutions­čŹü

“Apa yang bisa kita dapetin di Tahun 2020?”
“365 Kesempatan”

~Unknown

Tahun 2020 baru aja jalan, tentunya semua orang pengen punya kehidupan baru, diri yang baru sampe resolusi baru!

Ya, resolusi. Tahun baru emang ga jauh-jauh sama yang namanya resolusi. Hampir setiap orang punya resolusi buat ‘making life be better than yesterday’

Jadi, resolusi itu sebenernya apa?

Kalau ngintip di Kamus Besar Bahasa Indonesia a.k.a KBBI, Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Ehe, ribet juga buat mahamin ini. Sederhananya sih, resolusi itu harapan yang sungguh-sungguh dari pribadi seseorang.

Ngomong-ngomong resolusi, aku bakal ceritain resolusiku di tahun 2019. Eits, lebih banyaknya aku bakal lebih banyak ceritain resolusi selama setahun kedepan! Dan di akhir tulisan, aku bakal ngasih tips ‘How make a million of dreams, and catch the amazing resolution! ”

Check it dot!

Hampir 80% resolusiku di tahun 2019 berhasil. Resolusi yang aku bikin, aku sesuai-in sama kebutuhan aku di tahun 2019, cita-cita sama life goals-ku. Jadi, resolusi ku tiap tahun ga mesti sama.

2019’s Resolutions :
1. Baca 100 buku kategori agama, self-improvement, inpirasi, motivasi dan biografi.
2. Terbitin artikel di majalah sekolah
3. Bikin usaha
4. Positive Habits
5. Belajar blogging, nulis dan editing (desain grafis)
6. Ikut seminar atau acara

6 resolusi ini berhasil aku taklukin di tahun 2019. Dari sini, aku bisa belajar kalau resolusi itu bisa bikin semangat hidup dan tentunya jadi lebih produktif.

Di tahun 2020, aku buat resolusi baru yang busa ngedukung resolusi di tahun 2019, jadi kesannya kaya ngelanjutin resolusi.

2020’s Resolutions :

1. Baca buku 150 kategori agama, self-improvement, inpirasi, motivasi dan biografi (dengan bahasa inggris min. 20 buku)
2. Aktif blogging
3. Belajar copywriting
4. Belajar bahasa arab
5. Belajar SBMPTN

Lah kok resolusinya lebih dikit daripada taun kemaren?

Resolusi yang aku buat, aku sesuain sama kebutuhanku taun ini. Jadi, resolusi ga harus banyak, tapi yang bisa nyelesein masalah atau menuhin kebutuhan diri masing-masing . Seiring berjalannya waktu, kebutuhan juga pasti berubah-rubah nyesuain kondisi dan lingkungan. Jadinya, sesuain aja resolusi sama kebutuhan kita.

Hal terbesar dalam hidupku yang sebelumnya ga pernah aku lakuin adalah baca buku sampe 90-an judul buku. Dalam setahun 90-an buku, dalam sebulan bisa sampe 8 buku. 1 buku bisa aku habisin hampir 4-5 hari. Kalau ga gitu, dalam sehari aku bisa baca 2 judul buku sekaligus. Ini yang aku suka dari baca buku, aku banyak belajar dari tokoh-tokoh besar tentang gimana cara suksesnya mereka, apa yang dapet dicontohin dari mereka, dan tentunya pelajaran apa yang dapat diambil dari mereka. Intinya, aku bisa tau “apa value dari mereka?”

Di tahun 2020, aku harus bisa ningkatin literasiku, ga sebatas cuma baca dan mahamin, tapi harus bisa pahamin “power value” dari buku. Gak hanya belajar pengalaman dari buku, tapi harus bisa nerapin pelajaran dari pengalaman, belajar dari pengalaman orang lain. Karena ya hal-hal ini yang bakal ngasih pelajaran hidup.

Aktif blogging dan belajar copywriting adalah hal baru di tahun 2020 ini. Ga sekedar nulis-nulis aja, belajar copywriting dan nge-blogging itu modal yang baik buat nulis buku, karena ya ilmunya nulis buku, biar ga berantakan dan enak dibaca, selain itu belajar copywriting dan nge-blogging bisa ningkatin kualitas “value” dari tulisan yang aku buat.

Belajar bahasa arab, kenapa harus belajar bahasa arab? Belajar bahasa inggris mungkin udah biasa diajarin di sekolah, bahasa arab cuma beberapa sekolah yang punya muatan lokalnya. Jadi ga salah juga kalau mau belajar bahasa selain bahasa internasional, selain nambah pembendaharaan bahasa, bahasa asing juga bakal ngebantu kualitas sdm. Ketika mau kuliah di Prancis, lebih baik belajar bahasa prancis, jangan jagain bahasa inggris aja. Begitu juga mau kuliah di China, kalau bisa belajar bahasa mandarin jangan jagain bahasa inggris juga. Karena kuliah di negeri orang, ga sebates cuma kuliah, tapi ya terjun kedalam kehidupan di negara itu langsung, ikut melebur bareng mereka. Motivasi aku mau belajar bahasa arab adalah aku pengen bisa ngerti ajaran islam melalui bahasa arab. Yang kedua, bahasa arab menurut aku mudah dipahami secara terjemahan, tapi kalau udah nyangkut grammarnya ya enggak bisa dikatain mudah lagi, sulit hehe. Yang ketiga, pengen banget bisa belajar di luar negeri, apalagi bisa belajar di timur tengah, hehe.

Yang terakhir belajar SBMPTN, masuk perguruan tinggi negeri favorit pasti dambaannya semua orang, aku juga gitu. Belajar buat nyiapin ujian kayak gini, jauh-jauh hari harus disiapin. Biar lebih siap, tapi belajar sekeras apapun kalau enggak banyak doa ya ga seimbang. Berdoa tanpa berusaha itu malas, berusaha tanpa berdoa itu sombong. Jadi, segede apapun cita-citanya, doanya juga harus gede. Hehe, insyaAllah UB’21 hehe^^

Sesuai kesepakatan diawal, aku bakal ngasih tips buat resolusi ala aku.

Tips buat resolusi :
1. Sesuain sama kebutuhan tahun ini, life goals dan cita-cita.
2. Buat resolusi yang sanggup dilakuin, kalau resolusi engga sanggup dilakuin ya kayak giman gitu ya, hehe.
3. Buat to do list yang ngedukung resolusi. Misal : Resolusinya fasih bahasa Jerman, ya bikin to do list dalem sehari harus belajar bahasa Jerman berapa jam. Jadi buat to do list buat ngedukung resolusi.
4. Jangan nunda-nunda to do list, yang ada nanti resolusinya ga kecapaian ­čÖé
5. Harus semakin bersyukur, kalau dalam hari ke hari ngerasa ada perubahan yang lebih baik, banyak-banyakin aja bersyukur. Karena kalau kita banyak bersyukur gitu, secara ga langsung kita nerima kita apa adanya dan ngerasa bahagia selalu.

Selamat beresolusi teman! Good Luck­čŹü

“You’re what you dream”

~Layyin Lala


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •